Cara jualan di Bukalapak berikut ini dapat anda ikuti ketika anda ingin mengajukan diri sebagai penjual di website bukalapak.com. Website yang satu ini akan melayani kegiatan jual beli antara produsen dengan konsumen tentunya dengan cara yang aman dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ketika anda ingin bertindak sebagai penjual di bukalapak.com, berikut adalah cara yang harus anda ikuti:
Ketika anda sama sekali belum memiliki akun di website bukalapak.com, anda dapat mengakses form daftar kemudian login menggunakan googlemail atau akun media sosial lain yang akan langsung terhubung ke bukalapak.com seperti facebook. atatu Download Aplikasi BukaLapakdisini
Namun satu hal yang perlu diingat berikan password yang merupakan campuran angka dan huruf untuk keamanan anda pribadi, selain itu gunakan akun asli milik anda pribadi bukan milik orang lain agar pendataan yang dilakukan berlangsung cepat dan akun yang anda miliki tidak dianggap sebagai akun penipuan. Setelah mendaftar, dalam waktu kurang dari 24 jam, anda akan menerima akun verifikasi dari www.bukalapak.com yang menandakan akun siap digunakan.
Buka mylapak
Setelah akun yang anda miliki untuk menjual barang terverifikasi dengan baik, pilih menu mylapak dan pilih menu drop down link untuk mulai menjual barang.
Ketika anda meng-klik ikon tautan akan ada form yang terlihat dengan beberapa poin seperti berikut:
1.Kategori produk
Mengingat barang yang dijual di bukalapak akan sangat beragam, anda sebagai seorang penjual juga harus menentukan jenis barang seperti apa yang anda jual.
Apakah produk anda berhubungan dengan peralatan rumah tangga, aksesoris, fashion, gadget, atau yang lainnya. Jangan sampai keliru ketika anda mengklik data barang karena hal tersebut akan mempengaruhi banyaknya akses ke halaman jual yang anda miliki di bukalapak.
2. Nama Barang
Agar brand produk yang anda jual semakin dikenal, jangan lupa menyertakan nama produk dan spesifikasi lainnya.
a. Kondisi
Anda wajib memberitahukan kondisi terkini barang yang anda daftarkan di website bukalapak apakah barang tersebut termasuk barang baru atau second. Jika barang yang anda jual adalah barang second nantinya akan lebih baik jika anda menyertakan kondisi lengkap di deskripsi.
b. Gambar
Agar barang yang anda tawarkan pada konsumen lebih dikenali, jangan lupa untuk menyertakan gambar barang dagangan anda.
Agar lebih meyakinkan satu produk dapat dilengkapi dengan berbagai gambar yang pengambilannya dilakukan dari sudut yang bebreda seperti gambar tamapk depan, belakang, samping kanan, atau kiri. Perhatikan ukuran dan bentuk file gambar yang akan diupload, jangan terlalu kecil untuk menghindari gambar pecah atau blur.
c. Perkiraan ukuran
Masing-masing produsen wajib menyertakan ukuran detail dari produk yang akan dijualnya di bukalapak.com. Contohnya saja jika anda menjual produk pakaian muslim khusus wanita, jangan lupa sertakan ukuran global (S,M,L) serta ukuran detail (panjang lengan, lebar dada, lebar bahu, dan lainnya) untuk meyakinkan pembeli. Berbeda dengan produsen yang menjual barang seperti pisau atau alat otomotif yang dapat disertai ukuran dimensi (ketebalan, panjang, dan lebar) serta keterangan lain.
d. Jumlah stok
Ketika anda sebagai produsen ingin barang yang anda jual laku keras dan produk yang anda tawarkan dipercayai konsumen, jangan lupa untuk menyertakan jumlah stok barang yang masih anda miliki di gudang penyimpanan. Sehingga nantinya jika pembeli ingin membeli barang yang sudah tidak ada stocknya, anda dapat menolak pesanan.
e. Harga
Hal utama yang akan dilihat oleh konsumen biasanya terkait masalah harga. Oleh karena itu, jangan lupa untuk meletakkan harga masing-masing produk yang anda jual. Ada baiknya harga yang anda sertakan sudah termasuk dengan ongkos kirim maupun biaya asuransi jika produk adalah produk impor atau kualitas tinggi.
f. Deskripsi
Deskripsi yang disertakan di website bukalapak milik produsen umumnya berisi keterangan detail tentang produk yang dijualnya. Contohnya saja jika anda produsen pakaian jangan lupa sertakan bahan pembuat pakaian dan pilihan warna. Berbeda dengan produk alat masak maka yang dapat disertakan di deskripsinya adalah bahan pembuat alat masak maupun cara perawatannya.
g. Jasa pengiriman yang digunakan
Sebagai pihak produsen yang bergabung dengan bukalapak.com, anda dapat menyertakan jasa kriim standar seperti JNE, Tiki, atau ekspedisi untuk konsumen yang ingin membeli produk anda dalam jumlah banyak.
h. Asuransi
Anda dapat menyertakan asuransi terutama jika barang yang anda tawarkan adalah barang impor atau produk berharga mahal seperti gadget smartphone, perabot kristal, atau produk lainnya.
3. Simpan semua data
Setelah anda sebagai pihak produsen atau penjual memastikan semua data yang anda isikan benar. Simpan semua data dengan klik simpan yang umumnya ada di bagian kanan bawah. Setelah semua prosedur dilakukan anda dapat mulai memantau proses jual beli yang berlangsung antara anda dengan pihak pembeli.
4. Pengelolaan transaksi
Anda sebagai penjual dapat mengawasi sekaligus mengelola halaman transaksi yang melibatkan anda dengan pembeli produk. Anda dapat melihat 5 ikon transaksi yang notifikasinya akan dikirimkan melalui email, antara lain:
a. Menunggu
Tahap menunggu ini terjadi ketika pembeli mengklik tombol beli pada layar smartphone namun belum dilakukan pembayaran oleh pembeli yang bersangkutan.
b. Dibayar
Tahap selanjutnya setelah menunggu yang menyala atau penjual mendapatkan notifikasinya ketika sang pembeli sudah melakukan transfer dan konfirmasi pembayaran produk.
c. Dikirim
Ketika anda sebagai pihak penjual sudah melakukan notifikasi atau approval untuk pembayaran, tahap yang harus anda lakukan adalah pengiriman dengan cara yang sudah anda daftarkan melalui tiki atau jne.
d. Diterima
Notifikasi ini dilakukan oleh pembeli ketika barang yang diinginkan sudah diterima dan melakukan konfirmasi setidaknya 2x24jam.
e.Selesai
Ketika tidak ada keluhan dari konsumen dan proses transaksi berlangsung dengan baik maka website bukalapak akan langsung mentransfer uang hasil penjualan ke rekening penjual yang bersangkutan.
5. Penerimaan feedback
Setelah proses transaksi yang anda lakukan dengan pembeli berhasil baik maka setiap pembeli akan menentukan feedback positif. Masing-masing feedback yang diberikan akan memberikan level dari produsen atau penjual apakah pelapak atau produsen termasuk penyedia jasa yang profesional dan dapat dipercaya ataukah tidak.
Secara jangka panjang feedback positif ini nantinya juga akan menentukan apakah bukalapak tetap mengaktifkan website pelapak atau menonaktifkannya. Ada 9 jenis feedback yang akan diperoleh oleh masing-masing penjual di bukalapak, antara lain:
Ø 1 -10 berpredikat user BL
Ø 11 – 100 berpredikat pedagang
Ø 101 – 500 berpredikat pedagang besar
Ø 501 – 1000 berpredikat juragan
Ø 5001 – 10000 berpredikat good seller
Ø 10001 – 50000 berpredikat recommended seller
Ø 50001 – 100000 berpredikat trusted seller
Ø Lebih dari angka 100001 adalah golongan top seller yang umumnya juga menjual brand ternama.
Semoga dengan memahami cara jualan di Bukalapak diatas, and adapat bergabung dengan toko online anda pribadi dan meningkatkan penjualannya.
0 Response to "BISNIS DI BUKALAPAK.COM"
Post a Comment